diposkan pada : 16-11-2016 18:07:00

Keutamaan Kota Madinah adalah Berziarah Makam Nabi muhammad SAW, sahabatnya, Masjid Nabawi, Raudhah, Makam Baqi, Jabal Uqud, Masjid qiblatain,& Masjid Quba

Keutamaan Kota Madinah
Keutamaan Kota Madinah Ada perbedaan pendapat mana yang lebih utama didahulukan antara melakukan umroh terlebih dahulu di mekah atau berkunjung dulu ke madinah untuk menziarahi Nabi Muhammad saw. Kenyataannya memang ada biro perjalanan umroh yang mendahulukan umroh dulu di di Mekah setelah itu baru ke Madinah, sedangkan yang lain lebih memilih ke Madinah dulu baru melakukan umroh. Tentu saja kita sebagai jamaah umroh akan ikut rute biro perjalanan umroh, tetapi jika hal tersebut memang sesuatu yang penting bagi kita silakan hal tersebut dijadikan acuan dalam memilih biro perjalan umroh.

Keutamaan Kota Madinah mukaromahAda dua hal kenapa yang berkunjung di kota Madinah penting untuk dilakukan:

1) Untuk menziarahi Makam Nabi muhammad saw dan para sahabatnya

sebuah hadist mengatakan:

Dari abdullah bin umar rhuma, rosullulloh saw bersabda barang siapa yang menziarahiku setelah wafatku, seakan-akan ia telah menziarahi aku semasa hidupku (hr thabrani, daruqutni, baihaqi)

Tentu saja ketika kita lahir sekarang nabi sudah tidak bersama kita lagi. Dengan menziarahi beliau berarti sama saja dengan menziarahi beliau ketika masih hidup menurut hadist di atas. Sebagai orang mukmin tentu saja harus punya keinginan untuk bertemu beliau walaupun hanya menziarahi makamnya. , semoga kita tergolong orang-orang yang mendapat syafaat nabi di yaumil akhir. Allohumma amien.

2) Mendapatkan keberkahan dari kota Madinah mukaromah

Alloh swt memilih kota madinah sebagai tempat tinggal kekasihnya nabi muhammad tentu saja karena keutamaan yag ada didalam kota tersebut. dengan mengetahui keutamaannya semoga kita bisa menjaga adab selama berada di kota madinah munawarah.

Berikut ini hadist tentang Keutamaan Kota Madinah :

Dari Jabir bin samurah r.a mengatakan aku mendengar rosululloh saw berkata Alloh swt menamai Madinah dengan nama Thabah (HR Muslim)

Alloh swt menamai Thabah melalui wahyu dan didalamnya ada satu riwayat dinamakan Thaibah. Maknanya sama, yaitu suci dan bagus berarti Madinah suci dari kesyirikan atau air dan udaranya sangat bagus sesuai dengan tabiat manusia. Sebagian ulama mengatakan makna thaibah adalah penduduknya orang baik-baik.

Qadhi Iyadh rah,a berkata Madinah adalah tempat turunnya wahyu, tempat turunnya alquran, tempat turunya malaikat jibril dan mikail. Malaikat yang dekat dengan Allohpun pun turun disana. Tanah lapangnya selalu dipenuhi dengan dzikir dan tasbih. Tanah dan debunya mengenai tubuh nabi muhamaad saw. Dari sana berapa banyak sunah yang tersebar. Di sana banyak tempat yang penuh keutamaan, keberkahan dan kebaikan. Madinah adalah tempat berdirinya dan berjalannya Rosulloh. Sehingga sudah sepatutnya jika tanah madinah munawarah dimuliakan, dicium wewangiannya dan dicium tembok-tembaknya.

Beberapa Tempat dari Keutamaan Kota Madinah yang penuh keberkahan yang nanti akan diziarahi jamaah umroh antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Keutamaan Kota Madinah yang pertama adalah Masjid Nabawi. Masjid ini tempat berkumpulnya Rosululloh dan para sahabatnya dalam mengatur penyiaran agama islam. Dari masjid inilah dulu islam akhirnya bisa menyebar ke seluruh dunia sampai akhirnya kita yang di tanah airpun bisa merasakan nikmatnya islam dan iman
  2. Keutamaan Kota Madinah yang kedua adalah Raudhah adalah tempat yang terletak diantara kamar Rasululloh dengan mimbar masjid nabawi. Namun kamar Rasululloh sekarang telah menjadi makam beliau. Raudhah adalah termasuk tempat yang mustajabah sebagaimana sabda Rasulloh Raudhah adalah taman diatara taman-taman surga (al hadist).
  3. Keutamaan Kota Madinah yang ketiga adalah Makam Baqi. adalah tanah pekuburan di madinah yang sudah ada sejak jaman jahiliyah. Disinilah kemudian diantara putra-putri nabi yang dimakamkam di Baqi adalah Ibrahim, Fatimah, Zainab, Ummu Kultsum dan Ruqayah.
  4. Keutamaan Kota Madinah yang keempat  adalah Jabal Uhud. Jabal Uhud atau gunung Uhud adalah lokasi peperangan uhud.
  5. Keutamaan Kota Madinah yang kelima adalah Masjid qiblatain. Adalah masjid masjid yang mempunyai dua kiblat. Di masjid qiblatain inilah Alloh SWT menurunkan wahyu kepada Nabi untuk merubah kiblat sholat dari baitul maqdis (palestina) ke baitul haram (makkah).
  6. Keutamaan Kota Madinah yang keenam adalah Masjid Quba. Masjid quba adalah masjid yang dibangun pertama kali dibangu oleh nabi setelah hijrah ke Madinah. Dalam Hadist diriwayatkan barang siapa bersuci di rumahnya kemudian menuju masjid Quba dan sholat dua rakaat maka pahalanya sama dengan umroh (HR Tirmizi).

Demikian artikel tentang Keutamaan Kota Madinah, silakan baca artikel tentang adab berziarah di kota madinah. Semoga umroh kita bisa menjadi umroh yang mabrur.

Artikel lainnya »